Dua Kelompok dari Prodi BKI, Lolos ke Semi Final Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional di Universitas Negeri Malang

BKIIIIIIISAMARINDA, MEDIA CENTER FUAD – Enam mahasiswi dari prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Samarinda berhasil lolos ke semi final Lomba Karya Tulis Ilmiah 2017 Tingkat Mahasiswa (Strata I) Nasional yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah “Jas Merah” Universitas Malang, Senin (10/7). Tema yang diusung dalam perlombaan ini mengenai “Upaya Meningkatkan Kesadaran Sejarah Masyarakat terhadap Kearifan Lokal di Era Globalisasi”. Enam mahasiswi yang mengikuti lomba tersebut dibagi menjadi dua kelompok.


Upaya Generasi Muda dalam Melestarikan Kearifan Lokal Sarung Samarinda menjadi judul yang diusung kelompok pertama berisikan anggota, Andi Aulia Nafsia (BKI Semester 5), Ayu Retno Sari (BKI Semester 7), dan Siti Indah Suryani (BKI Semester 5). Sedangkan untuk kelompok kedua berisikan anggota, Eka (BKI Semester 5), Eva Rosiana (BKI Semester 7), dan Rosidah (BKI Semester 7) mengusung judul Local Wisdom dalam Pemenuhan Kebutuhan Hidup berbasis Kesadaran Ekologis Etnis Kutai.


20246026_199550670575950_4033725660444137664_nAyu Retno Sari salah satu mahasiswa BKI yang menjadi peserta mengungkapkan bahwa persiapan untuk pembuatan naskah LKTI sudah mencapai 80%, tinggal melengkapi materi materi pendukungnya, “Alhamdulillah kami lolos di semi final dan untuk persiapannya dalam semi final ini sudah hampir selesai, prosesnya sudah 80% tinggal data-data pelengkap lagi,” ungkapnya.


BKI....Dalam babak penyisihan yang berakhir pada 1 Juli 2017 lalu, terdapat 70 kelompok yang ikut mengirimkan abstrak. Dan pada tanggal 10 Juli 2017 kemarin, diumumkan 21 kelompok yang telah lolos abstraknya berhak melanjutkan ke babak semi final, termasuk 2 kelompok dari prodi BKI ini. Setelah itu akan ada penyisihan menuju babak final yang menyisakan 5 tim terbaik.


Saat ini, dengan bimbingan langsung oleh Ibu Sai Handari, M.Pd, Ibu Diajeng Laily Hidayati, M.Si, dan Bapak Randi M. Gumilang, M.Pd.I, enam mahasiswi yang terbagi menjadi 2 kelompok ini sedang menyiapkan naskah serta mengembangkan materi yang telah mereka ajukan dalam LKTI Nasional di Universitas Negeri Malang.
Selain itu, Bapak Samsir, M.Hum selaku Ketua Jurusan Pemberdayaan Masyarakat juga mengungkapkan rasa bangganya karena mahasiswa BKI berhasil lolos ke semi final dan mengharapkan dukungan dan do’a dari seluruh civitas akademika.


“Kami dari ketua jurusan Pemberdayaan Masyarakat merasa bangga atas partisipasi mahasiswa BKI ini untuk ikut serta dalam lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional tentang sejarah sosial di Universitas Negeri Malang. Dan saya mengharapkan dukungan dan do’a dari civitas akademika IAIN Samarinda, semoga mahasiswa kita dapat lolos ke final dan dapat meraih prestasi terbaik atau juara satu di ajang ini,” ungkap Bapak Samsir, M.Hum yang juga merupaka dosen Sejarah di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. (mah/lik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

contoh-undangan-resmi-rapat

KOTAK ADUAN

dapat dikirim melalui email

fuad@iain-samarinda.ac.id