AKSI PEDULI BENCANA ALAM KAL-SEL DAN SUL-BAR OLEH ORMAWA FUAD IAIN SAMARINDA BERSAMA BCB 0.2 IAIN SAMARINDA DAN PIK-R Pelita HATI IAIN SAMARINDA

Diawal tahun baru 2021, Indonesia disambut dengan sejumlah bencana alam yang berturut-turut terjadi di Kalimantan Selatan (banjir bandang) dan Sulawesi Barat (Gempa Bumi) tepatnya terjadi pada tanggal 12 januari dan 18 Januari. Hal tersebut memicu rasa simpati dari seluruh warga Indonesia tak terkecuali masyarakat Kota Samarinda.

Menanggapi hal tersebut Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah (FUAD) IAIN Samarinda mengambil tindakan untuk melakukan agenda galang dana yang dipelopori oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (HMPS IAT), Lab. Tafsir El-Mumtaz dan Lab. Dakwah IAIN Samarinda. Ketiga Ormawa ini kemudian menjalin kerja sama dengan Ormawa FUAD yang lain yakni, Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam (HMPS BKI), Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah (HMPS MD), dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah (DEMA FUAD). Selain Ormawa Internal agenda ini juga bekerja sama dengan Ormawa Eksternal yaitu, Beasiswa Cendakia Baznas 0.2 IAIN Samarinda (BCB 0.2) dan Pusat Informasi Konseling-Remaja Pelita Hati IAIN Samarinda (PIK-R).

Agenda ini diketuai oleh Muhammad Ainul Rizal dari HMPS IAT, Koordinator Lapangan Herman Feilani dari HMPS IAT dan Maulina Lukmatul Sha’adhah sebagai Bendahara dari BCB 0.2 IAIN SAMARINDA.

Ainul Rizal mengungkapkan bahwa agenda galang dana ini menggunakan dua metode yaitu offline denganturun ke jalan di berbagai Titik Lampu merah dan Pasar yang berada di Samarinda serta di tempat-tempat yang ramai pengunjung untuk mengumpulkan donasi dan menyediakan Posko Bantuan Bencana di LAB. TAFSIR EL MUMTAZ untuk menerima bantuan non-uang berupa sembako dan pakaian dan mengumpulkan donasi secara online.

Agenda galang dana yang berlangsung pada 16-20 Januari 2021 ini bermula di Tepian Sungai Mahakam dan Citra Niaga, Samarinda di malam hari.

“Alhamdulillah selama 4 hari melakukan Galang Dana kami berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp. 23.350.000. Tentu saja ketika kami turun dalam agenda galang dana ini kami selalu mematuhi Protokol Kesehatan yang ada, dengan menggunakan masker, mencuci tangan, serta menyediakan hand sanitizer” ujar Ainul Rizal.

Dalam agenda galang dana ini, para anggota Ormawa juga membagikan makanan ringan kepada masyarakat sebagai ucapan terima kasih karena turut berdonasi.

Adapun tujuan galang dana ini ialah membantu para korban yang saat ini sedang tertimpa musibah bencana alam tepatnya bencana banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan dan Gempa Bumi di Sulawesi Barat.

“Harapannya semoga sudara-saudara kita yang ada disana dapat terbantu dengan adanya Hasil galang dana yang akan kita salurkan nantinya, dan Semoga seluruh komponen yang terlibat dan seluruh Mahasiswa IAIN Samarinda dapat terus melakukan kebaikan” Tutup Ainul Rizal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *