Mahasiswa FUAD berhasil mendapat Beasiswa ke Hadramaut, Yaman (I)

SAMARINDA, MEDIA CENTER FUAD, -Reza Fahlevi, Mahasiswa angkatan tahun 2016 Program Studi (Prodi) Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (Fuad) IAIN Samarinda berhasil lolos pada seleksi program Pelatihan Kader Ulama ke Hadramaut,Yaman. Program ini diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Kalimantan Timur.

Seleksi program pelatihan kader ulama ini melalui 3 tahap. Tahap pertama yaitu seleksi berkas. Pada tahap ini, bagi siapa pun yg tidak lolos dalam seleksi berkas, maka tidak dapat mengikuti seleksi pada tahap selanjutnya. Tahap kedua, yaitu, Seleksi Kompetensi. Dalam seleksi ini ada 3 tes yang harus dilewati ialah kemampuan Qiroatul Kitab (Membaca kitab kuning), Berbicara Bahasa Arab, dan Hafalan Al-Qur’an (minimal 1 Juz). Tahap terakhir, yaitu Upgrading, para peserta program ini di tes tentang wawasan kota Tarim dan bahasa arab.

Terdapat 49 peserta yang berhasil lolos dan sebanyak 40 peserta yang dinyatakan lolos berangkat untuk pendidikan di Kota Tarim, Hadrahmaut, Yaman. Mayoritas peserta yang lolos seleksi berdomisili di Kota Samarinda.

Menjadi salah satu peserta yang lolos pada program tersebut,Reza, yang merupakan lulusan Pondok Pesantren ini tidak menyangka. Ia mengaku selama perkuliahan jarang membuka pelajaran-yang pernah Ia pelajari di Pondok.

“Awalnya saya mikir, pelajaran pondok sudah lama tidak saya buka-buka selama saya duduk di perkuliahan. Tapi mungkin Allah tunjukkan bahwa keberkahan dari menuntut ilmu itu benar adanya dan Alhamdulillah, saya dipermudah dalam proses seleksi program pelatihan ulama tersebut”

Reza juga mengungkapkan sangat bersyukur dapat melanjutkan pendidikan di Hadramaut, Yaman meskipun tak sesuai dengan cita-citanya.

“Dulu awal saya di pondok, cita-cita saya mau belajar di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Tapi Allah putar cita² saya, Allah mau saya merasakan pendidikan di Kota Tarim, Hadrahmaut, Yaman” tuturnya saat diwawancarai tim Jejaring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *